oleh

Penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai Gelombang I Di 5 Kecamatan Wilayah Kab. Magetan

Pada hari Jumat (2/11/2018) telah dilaksanakan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Magetan oleh Bank BNI. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan kebutuhan akan pangan yang lebih seimbang kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara tepat sasaran dan tepat waktu.  Alokasi penerimaan Bansos Rastra mulai bulan Oktober 2018 dialihkan menggunakan sistem Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Perubahan mekanisme penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari tunai menjadi non tunai merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (KKS BPNT) disalurkan kepada 2.283 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan perincian sbb:

  1. Kecamatan Karas diterimakan kepada 382 KPM.
  2. Kecamatan Kawedanan diterimakan kepada 785 KPM.
  3. Kecamatan Karangrejo diterimakan kepada 297 KPM.
  4. Kecamatan Barat diterimakan kepada 491 KPM.
  5. Kecamatan Sukomoro diterimakan kepada 328 KPM.

Untuk nominal BPNT yang terdapat di KKS setiap bulan sebesar Rp. 110.000,- dan setiap bulannya dapat ditukarkan atau dibelikan bahan pangan di e-warong yang telah ditunjuk oleh Bank BNI.

Pemanfaatan BPNT dengan cara KPM datang ke e-warong penyalur BPNT setempat yang telah bekerjasama dengan Bank BNI dengan membawa KKS dan kartu identitas diri. e-warong yaitu agen Bank atau pedagang yang telah bekerjasama dengan pihak Bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan / penukaran / pembelian bahan pangan oleh KPM dan saat ini di Magetan telah ada 181 unit e-warong dan akan terus bertambah sesuai dengan jumlah Desa/Kelurahan di wilayah Kab Magetan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed