oleh

Dialogis Dengan Warga Guna Menangkal Berita Bohong

Tribratanewsmagetan: – Polres magetan, maraknya berita, isu, dan hoax di tanah air, rupanya sudah merambah ke wilayah perdesaan di kabupaten Magetan. Hal ini sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat di Kec. Sukomoro Sabtu, ( 20-10-2018 )

Dimana beberapa hari lalu beredar informasi dari pihak tidak bertanggung jawab yang menyebarkan isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sudah merambah ke Kec. Sukomoro. Melalui Media Sosial dan pesan Broadcast Blackberry Messagger para pelaku tak bertanggung jawab ini menyebarkan isu hingga warga membuat warga menjadi gerah dan resah.

Menanggapi hal tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Sukomoro Brigadir Herpin memberikan himbauan kepada Kepala Desa Tamanan dan masyarakat di Desa Binaaanya. Dimana Bhabinkamtibmas memberikan himbauan bahwa beberapa berita dan isu tersebut sumbernya masih tidak jelas dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.“Kami menghimbau agar Kepala Desa meneruskan agar tidak terprovokasi atau terpancing dengan adanya isu – isu tersebut dan kami berharap agar warga tenang dan jangan resah menanggapi berita yang bersumber dari Media Sosial yang sumbernya juga belum pasti”, ujar Brigadir Herpin dalam himbauan nya kepada Kepala Desa.

Pasalnya warga Desa Tamanan Kec. Sukomoro sudah sangat resah dengan adanya berita Bohong, Berita Palsu atau Berita Hoax yang sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan sengaja membuat / mengacaukan kamtibmas. Terlebih isu – isu tersebut disebarkan dari pihak yang belum jelas yang tersebar dari orang ke orang yang belum ada pembuktiannya.

Di lain tempat Kapolres Magetan AKBP Muslimin S.I.K membenarkan kegiatan Bhabinkamtibmasnya tersebut. Pihaknya juga menjelaskan “Saya minta kepada warga khususnya masyarakat Sukomoro agar tidak resah dan panik menanggapi isu maupun berita Hoax tersebut. Sampai saat ini belum ada pembuktian yang nyata, baik dari sumbernya yang menyebarkan atau kejadian murni dilapangan. Saat ini Polsek Sukomoro juga belum menerima laporan.

“Saya harap warga tidak resah dan panik. Namun saya himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan antisipasi terutama dalam mengawasi keluarganya. Dan ajarkan kepada keluarganya untuk menolak ajakan dari orang yang tidak dikenal. Kenali mereka dengan keluarga besarnya. Dan untuk pencegahan, kami dari pihak berwajib akan meningkatkan kegiatan patroli baik pada pagi hari, siang maupun malam hari. Selain itu kami juga akan menggencarkan Tindakan preemtif dan preventif pemukiman masyarakat untuk memberika himbauan dalam mengantisipasi hal tersebut”,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed